Senin, 30 Juli 2018

Pengenalan Dasar HTML

Pengenalan Dasar HTML

Daftar isi:
  1. Apa itu HTML?
  2. Persyaratan
  3. Memilih Text Editor
  4. Hello World

Pengertian HTML

Sebuah website biasanya terdiri dari 3 komponen utama yakni, HTML, CSS dan JavaScript. Nah kali ini saya akan membantu anda yang ingin belajar tentang programming website. Dan dimulai dengan belajar dari komponen yang paling dasar dari semuanya yakni HTML.

HTML (Hypertext Markup Languange) adalah bahasa standar dalam membuat sebuah website saat ini. HTML sendiri terdiri dari blok - blok yang menjelaskan apa isi yang ada didalamnya dan juga memberikan struktur pada sebuah halaman. HTML sendiri dapat menghandel semua komponen seperti tulisan, gambar bahkan video.

Persyaratan

  1. Sebuah komputer / laptop
  2. Koneksi internet.
  3. Niat untuk belajar.
  4. Camilan :D 

Memilih Text Editor

Memilih sebuah alat yang akan digunakan sebenarnya menjadi pilihan masing - masing karena selera setiap orang berbeda - beda, namun disini saya akan menggunakan sublime text. Atau kalau kalian ingin text editor lain silahkan saja toh yang penting disini adalah isinya bukan alat yang digunakan. Atau mungkin nanti saya akan buatkan artikel daftar text editor yang bisa kalian gunakan (Ditunggu saja).

Hello World

Buatlah sebuah file baru pada text editor kalian (atau bisa menekan tombol Ctrl + N). Beri nama sesuka kalian dan jangan lupa untuk memilih ekstensi .html. Lalu tulis kode berikut.

Pengenalan Dasar HTML

Simpan, lalu buka file kalian tadi. Bila kalian melakukannya dengan benar maka akan terlihat seperti ini.

Pengenalan Dasar HTML

Atau kalian bisa lihat demo dibawah ini.

See the Pen Hello World by Eko Setya (@ekosetya) on CodePen.


Bila kalian mengikuti tutorialny dengan benar dan file yang kamu buat bisa dijalankan maka selamat kalian sudah membuat dokumen HTML pertama kalian! Tutorial kali ini hanya untuk menyiapkan kalian agar siap untuk tutorial berikutnya. Karena kita akan belajar lebih banyak tentang HTML, jadi siap - siap ya :D Sekian dari saya untuk tutorial kali ini. Bila kalian ada pertanyaan atau request silahkan tulis dikolom komentar, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.


EmoticonEmoticon