Senin, 02 Juli 2018

Cara Menghilangkan Index.php Pada URL di Codeigniter 3

Cara Menghilangkan Index.php Pada URL di Codeigniter 3

Berhubung saya sedang membuat website menggunakan framework Codeigniter 3 saya berpikir kenapa tidak sekalian membuat tutorialnya? hitung - hitung untuk pengingat saya dikemudian hari dan juga berbagi kepada kalian yang sedang membuat website dengan framework Codeigniter 3 seperti saya. Untuk tutorial yang pertama ini sebenarnya cukup simpel, sangat simpel malahan. Dan juga ini adalah hal pertama yang selalu saya lakukan apabila menggunakan framework ini, yakni menghapus index.php.

Secara default Codeigniter 3 menggunakan index.php pada url-nya. sebagai contoh ketika kamu mempunyai controller bernama tutorial, maka ketika kamu ingin mengakses controller tersebut kamu harus mengaksesnya lewat url :

https://domainkamu.com/index.php/tutorial

atau bila kamu menggunakan localhost maka harus mengakses lewat url :

http://localhost/namawebkamu/index.php/tutorial

Namun apa yang terjadi apabila kamu tidak mengetikkan index.php pada url? yang terjadi adalah kamu akan mendapati error 404 seperti gambar dibawah.

Cara Menghilangkan Index.php Pada URL di Codeigniter 3

Lalu bagaimana cara mengakses suatu controller tanpa harus mengetikkan index.php? Nah, untuk itulah kamu datang kemari. Hal pertama anda harus menyiapkan :
  • Codeigniter 3 (Saya disini menggunakan versi 3.1.8)
  • Text Editor
  • XAMPP / Aplikasi lain untuk mengkases Apache bila di Locahost
  • Browser
  • Teh / Camilan
Pertama, pergi ke folder aplication/config dan silahkan buka file bernama config.php. Setelah itu cari baris seperti berikut ini.

$config['index_page'] = 'index.php';

Hilangkan tulisan index.php. Silahkan kosongi saja bagian tersebut. Hingga akan menjadi seperti ini.

$config['index_page'] = '';

Lalu buat file .htaccess pada root directory website kamu, misalnya htpp://localhost/namawebkamu/ nah buatlah file .htaccess itu disini.

Note : Jangan beri ekstensi pada file ini, karena file .htaccess bukan merupakan file berekstensi.

Isi file .htaccess dengan code berikut ini.

Setelah itu simpan, lalu silahkan coba akses file controller kamu tanpa menggunakan index.php pada url.

Disini saya membuat file controller bernama tutorial.

Dan saat saya mengaksesnya tanpa index.php akan menjadi seperti ini.

Cara Menghilangkan Index.php Pada URL di Codeigniter 3

Note : Saya menemukan bug pada saat mencoba tutorial ini pada codeigniter versi 3.1.9 dimana saat mengkases controller tanpa menggunakan index.php tetap mendapati error 404. Solusinya adalah dengan downgrade atau menggunakan versi codeigniter dibawahnya yakni versi 3.1.8 atau mungkin versi di atasnya, karena saat tutorial ini dibuat versi terbaru dari codeigniter adalah 3.1.9.

Sekian tutorial dari saya tentang cara menghilangkan/ menghapus index.php pada url di codeigniter. Saya harap tutorial ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila kamu ada pertanyaan jangan sungkan untuk berkomentar, terima kasih & sampai jumpa di artikel selanjutnya.


EmoticonEmoticon